Previous Next

Kepala Inspektorat "Mari Kita Sukseskan SensusPenduduk Tahun 2020

disdik-tebingtinggikota - online | Pada bulan Februari dan Maret ini kita akan melaksanakan program nasional sensus penduduk 2020 Badan Pusat Statistik BPS telah melakukan Inovasi dan pembaruan metode pada sensus penduduk 2020 dibandingkan 6 sensus penduduk sebelumnya yaitu dengan menggunakan metode Kombinasi yang memanfaatkan data kependudukan dari Direktorat Jenderal kependudukan dan pencatatan sipil.

Pelaksanaan Upacara Bendera Senin, 02-03-2020 dijajaran Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi berjalan dengan khidmat dan lancar, adapun sebagai petugas upacara ialah SMP Negeri 7 Kota Tebing Tinggi. Kepala Inspektorat Kota Tebing Tinggi H. Kamlan Mursyid

bertindak sebagai Pembina Upacara. Hadir pada pelaksanaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Pardamean Siregar, M. AP, Sekretaris Disdik Amris Siahaan, S. Pd.

Kepala Inspektorat menyampaikan bahwa pelaksanaan Sesus Penduduk dilakukan dengan dua tahap “kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua periode,  pada periode pertama adalah sensus penduduk online,  yaitu seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukan yang secara mandiri  melalui halaman website  sensus.bps.go.id  pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. untuk itu diharapkan kepada seluruh ASN dan keluarganya dapat berperan dalam mengikuti sensus penduduk online secara serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak penduduk untuk aktif mengisi sensus penduduk online”.

“sedangkan pada periode kedua akan dilakukan kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020 sensus penduduk wawancara secara door to door”.

Sensus penduduk 2020 ini sangat penting karena hasil sensus akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin kelompok umur pendidikan yang ditamatkan pemerintah baik pusat maupun daerah dapat memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah kebutuhan penduduk akan pangan perumahan-perumahan pendidikan kesehatan dan lain-lain.

oleh karena itu pelaksanaan sensus penduduk 2020 para ASN di Kota Tebing Tinggi saya menginstruksikan kepada semua pimpinan organisasi perangkat daerah dan seluruh ASN untuk memberi dukungan dalam kegiatan sensus penduduk 2020 dengan mengupdate data Anda di sensus.bps.go.id

untuk mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan Perlindungan Anak dan mewujudkan rumah tangga yang berkualitas, berakhlak mulia, bahagia sejahtera, Pemerintah Kota Tebing Tinggi telah menetapkan Peraturan daerah Kota Tebing Tinggi nomor 6 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Perlindungan Anak dengan tujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat tumbuh dan berkembang berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapatkan perlindungan.

juga telah didukung dengan adanya aplikasi sepak preman (sistem informasi pelaporan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan) di mana masyarakat dapat melaporkan langsung secara online.

 

© 2017 Dinas Pendidikan Kota Tebing Tinggi